Halaman

Andika Wiranata

Rabu, 18 Juli 2012

Contoh Artikel Persuasif


Saatnya Pelesir ke Pesisir Tanah Pramuka
Oleh : Andika Wiranata
 
Bicara mengenai destinasi wisata di Jakarta, sederet nama paling banyak diperbincangkan adalah Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Kebun Binatang Ragunan, Kota Tua, Monas dan museum-museum lainnya. Selain tempat-tempat wisata tersebut, masih banyak obyek wisata menarik lainnya yang bisa ditemui di ibukota negara Indonesia ini, seperti wisata ke pulau-pulau di Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka, salah satu pulau yang terdapat di gugusan Kepulauan Seribu, sekaligus merupakan pusat pemerintahan kabupaten administrasi Kepulauan Seribu.
Pulau Pramuka dapat menjadi alternatif dan mencoba suatu pengalaman baru berwisata, selain berwisata ke daerah pegunungan atau puncak. Pulau Pramuka yang dulunya bernama Pulau Elang dapat ditempuh menggunakan kapal transportasi dari Pelabuhan Muara Angke selama 2,5 jam dan kita akan diantar ke dermaga Pulau Pramuka. Kapal Transportasi ini memulai jadwal pemberangkatan pukul 07:00 WIB baik dari Muara Angke atau Pulau Pramuka.
Popularitas Pulau Pramuka mulai menanjak belakangan ini. Pulau Pramuka sendiri merupakan pulau berpenduduk yang mulai berkembang menjadi daerah pariwisata beberapa tahun ini. Kecantikan alam menjadi salah satu daya tarik pulau yang penduduknya terkenal sangat ramah ini.
Wisatawan akan terperangah melihat jernihnya air laut yang biru, terumbu-terumbu karang yang indah dan pulau dengan pasir putih yang menawan, wisatawan juga dapat menikmati tebitnya matahari dan sunset atau tenggelamnya matahari yang indah di pinggir pantai, semua ini yang akan membuat setiap orang yang pernah pergi ke pulau ini ingin kembali lagi ke Pulau Pramuka. Tidak heran jika kecantikan laut dan pantai di Pulau Pramuka sering kali menghiasi foto-foto perjalanan para wisatawan.
 Sebagai pusat pemerintahan Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka memiliki fasilitas-fasilitas yang diperlukan warga atau wisatawan mulai dari tempat penginapan atau homestay, rumah makan, rumah sakit, masjid, kantor polisi, dan lain-lain. Kepedulian masyarakat Pulau Pramuka masih sangat tinggi sehingga fasilitas yang ada terawat dengan baik dan membuat wisatawan yang berkunjung ke pulau ini dapat menikmati kenyamanan.
Selain pemandangan indah yang disajikan di Pulau Pramuka, di pulau ini terdapat sebuah penangkaran Penyu Sisik. Penyu-penyu ini dikembangbiakan dan dirawat dalam suatu area khusus. Para wisatawan dapat menyentuh langsung penyu-penyu ini untuk mendapatkan wawasan mengenai penyu. Apabila penyu-penyu ini sudah cukup umurnya, maka mereka akan dilepaskan di tepi pantai Pulau Pramuka.
Selain penangkaran penyu, di Pulau Pramuka juga terdapat penangkaran kupu-kupu. Berbagai jenis kupu-kupu dikembangbiakan di suatu tempat penangkaran yang dikelilingi jaring-jaring halus. Di Pulau Pramuka juga terdapat budi daya rumput laut dan tanaman mangrove. Rumput laut mereka budi daya untuk mereka jual dan menambah penghasilan penduduk setempat. Mangrove-mangrove ini juga dibudidayakan setelah itu akan ditanam di sekitar Pulau Pramuka untuk mencegah erosi.
Wisatawan dapat pula belajar mengenai transplantasi coral. Transplantasi Coral adalah cara membuat terumbu karang buatan. Wisatawan dapat belajar membuat terumbu karang buatan dan menaruh terumbu karang buatan itu ke laut. Terumbu karang ini dilestarikan sebab, sangat berguna bagi kehidupan manusia karena dapat menghasilkan pasir dan mencegah erosi, selain itu juga sebagai tempat tinggal atau rumah beragam biota laut, seperti ikan. Tranplantasi coral ini hanya untuk membantu tumbuh kembang terumbu karang agar lebih cepat tumbuh dan tentunya menambah keelokan dasar laut Pulau Pramuka.
 Hal menarik lain yang dapat ditemui di Pulau Pramuka adalah penduduk Pulau Pramuka memiliki keunikan. Penduduk Pulau Pramuka terdiri atas beberapa suku pendatang yang paling dominan adalah suku bugis, lalu disusul suku jawa, sunda, dan madura atau sebagian penduduk mereka adalah migasi dari beberapa pulau lain di Kepualaun Seribu. Sehingga dapat dikatakan suku yang mendiami Pulau Pramuka semuanya adalah suku pendatang. Keunikan ini membuat kita berpikir bagaimana mungkin pulau yang tidak lebih luas dari jabodetabek ini, dapat didiami oleh suku bugis yang daerah asalnya terdapat di Sulawesi Selatan, serta pulau ini dapat didiami oleh bermacam-macam suku pendatang.
Keragaman suku pendatang di Pulau Pramuka membuat mereka memiliki kekhasan bahasa dalam dialog mereka sehari-hari. Sebagian orang yang baru datang mungkin akan terheran-heran dengan bahasa mereka, wisatawan mungkin akan berfikir bahwa kenapa bahasa mereka lain sekali sama sekali tidak ada logat betawi padahal, mereka masih bagian dari provinsi DKI Jakarta yang sangat kental dengan logat betawinya. Inilah salah satu lagi dari keunikan yang terdapat di Pulau Pramuka.
Selanjutnya, yang luar biasa dan membuat setiap wisatawan merasa betah dan nyaman di pulau ini adalah keramahan penduduk sekitar yang sering membantu, menyapa dan tersenyum kepada para wiasatawan. Memang sudah menjadi kebiasaan penduduk untuk saling membantu sesama karena hubungan persaudaraan mereka yang masih sangat erat antara warga satu dan yang lain. Ini membuat wisatawan sangat nyaman berwisata di Pulau Pramuka.
Di Pulau Pramuka, wisatawan tidak usah repot-repot untuk mencari buah tangan untuk dibawa pulang ke rumah. Pulau Pramuka menawarkan banyak jajanan dan pernak-pernik yang bisa dibawa pulang. Panganan khas dari Pulau Pramuka yang dapat dijadikan oleh-oleh, seperti dodol rumput laut, kerupuk ikan, ikan asin, keripik sukun, dan yang paling khas, yaitu pempek pulo yang terkenal ajib. Masakan di pulau ini, selalu berhubungan dengan ikan karena penduduk di Pulau Pramuka belum merasa makan sebelum mereka makan ikan. Pastel, Risol, Lontong pun berisikan ikan. Rumah makan di Pulau Pramuka yang terkenal adalah Rumah Makan Nuansa Ayu Karamba yang menawarkan berbagai jenis hidangan laut yang lezat, seperti berbagai jenis hidangan Ikan Bandeng.
Selain panganan yang dapat dijadikan buah tangan, pernak-pernik dari kerajinan tangan penduduk sekitar dapat pula dijadikan bingkisan menarik dari Pulau Pramuka ini. Pernak-pernik kerajinan tangan yang berasal dari kerang-kerang laut, kertas daur ulang, dan benda-benda laut lain dibuat menjadi hiasan kamar, kalung, gelang, dan lain-lain
Seolah tidak ingin ketinggalan, yang menjadi poin utama di Pulau Pramuka ini adalah gugusan terumbu karang yang tersebar di sekitar Pulau Pramuka. Di Pulau Pramuka, wisatawan dapat menyewa peralatan snorkling atau diving dengan didampingi oleh instruktur yang profesional untuk melihat keindahan terumbu karang yang berwarna-warni secara langsung dan ikan-ikan hias yang berenang di sekitar kita juga di sekitar terumbu karang yang sangat indah. Snorkling di Pulau Pramuka sangat menyenangkan karena di Pulau Pramuka terdapat kawasan yang disebut soft coral, yaitu spot atau tempat yang terbaik untuk snorkling karena tidak terlalu dalam, sehingga batu karang, dan ikan hias dapat dilihat langsung dengan indah. Selain itu, wisatawan juga bisa bermain banana boats serta, melepas tukik atau anak penyu di Kolam Labuh Pramuka. Pengalaman Anda snorkling dan beragam keunikan Pulau Pramuka akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan dalam hidup Anda. Oleh karena itu, lengkapilah liburan Anda dengan wisata pintar, menikmati sekaligus melestarikan keindahan alam di Tanah Pramuka!
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih..