Halaman

Andika Wiranata

Rabu, 18 Juli 2012

Contoh Resensi Cerpen


Resensi Cerpen
Oleh : Andika Wiranata

Judul Cerpen    :  Guru
Penulis Cerpen :  Putu Wijaya
Terbit               :  Minggu, 8 Mei 2005
                                                                 
                Nama I Gusti Ngurah Putu Wijaya yang bertanggal lahir 11 April 1944 di Puri Anom, Bali atau lebih dikenal dengan Putu Wijaya adalah seorang sastrawan serba bias. Ia sudah menulis 30 novel, 40 naskah drama, 1000 cerpen, dan banyak karya sastra yang ia ciptakan. Pendiri Teater Mandiri ini, cerpennya sering dimuat di Harian Kompas, dan Sinar Harapan, juga novelnya sering dimuat di Majalah Kartini, Femina, dan Horison. Ia juga pernah mendapat anugrah piala citra di FFI. Selain membuat buku, alumni UGM dan mantan redaktur Tempo ini juga menulis scenario film dan sinetron. Dan berbagai undangan dalam dan luar negeri pernah didapatkan untuk mengetahui kemampuan sastrawan serba bisa  ini.
            Dari ribuan, salah satu cerpen buatannya adalah Guru, ini merupakan cerpen yang bagus dan mendidik karena mengangkat tema moral yang mengajarkan kita tentang keteguhan hati seseorang yang tak tergoda oleh apa pun demi mewujudkan impian dan cita-citanya untuk menjadi seorang guru.
            Cerpen ini menceritakan tentang seorang anak bernama Taksu, dia hidup di kota metropolitan yang cita-citanya bebeda dengan anak lainnya di perkotaan, yaitu menjadi seorang guru. Namun keinginannya ini tak berjalan lancar karena orang tuanya tak setuju, karena orang tuanya beranggapan bahwa pekerjaan seorang guru tidak mempunyai masa depan yang jelas, hidup pas-pasan dengan segala kekurangan. Berbulan-bulan orang tuanya member waktu untuk taksu dapat mengubah pendiriannya, dan mulai dari lap top tercanggih hingga mobil BMW yang bernilai milyaran tak diharaukan untuk mengubah pemikirannya untuk menjadi guru.
            Berbagai konflik ditimbulkkan dalam cerpen ini, mulai dari konflik suami yang takut pada istrinya, konflik hidup mati antara seorang ayah dan anaknya, juga konflik batin,dan banyak konflik lain yang menegangkan. Suami yang takut istri dan selalu disalahkan oleh sang istri karena dianggap salah dalam mendidik anak sehingga sang anak berkeinginan untuk menjadi seorang guru menjadi hal humoris dalam cerpen ini. Cerpen ini di satu sisi seperti senjata makan tuan bagi sang Ayah karena jauh sebelum Taksu berkeinginan menjadi guru, ketika kecil ayahnya bernasehat untuk selalu menghormati guru dan menempel guru kerna guru lah yang menjadi gudan dan sumber ilmu, hal ini lah yang menjadi doktrin atau alasan kuat Taksu untuk menjadi seorang guru.
            Cerpen ini pun ada sedikit bumbu percintaan ketika ayah Taksu memarahi Mina seorang anak guru yang pas-pasan yang merupakan kekasih dari Taksu yang dianggap Ayahnya sebagai biang keladi anaknya ingin mejadi guru. Dan Taksu mengajarkan kita tentang keteguhan hati untuk memperjuangkan hal yang baik, juga mengajarkan kita bahwa tidak semuanya dapat dinilai dan dibeli dengan materi, dan yang tak kalah sangant penting adalah mengajarkan kita tentang betapa mulianya profesi seorang guru, bahkan dalam dialog cerpen tersebut Taksu berkata “Sebab guru tidak bias dibunuh. Jasadnya mungkin saja bisa busuk lalu lenyap. Tapi apa yang diajarkannya tetap tertinggal abadi. Bahkan bertumbuh, berkembang dan memberi inspirasi kepada generasi di masa yanag akan datang. Guru tidak bisa mati, Pak" ketika Taksu diancam akan dibunuh oleh Ayahnya sendiri, satu polemik yang menegangkan.
            Namun beberapa bagian cerpen ini sungguh tidak menghargai bahkan menganggap profesi guru ini sangat rendah dan menggap materi di atas segalanya. Dan tentu cerpen ini menceritakan kehidupan keluaraga yang kurang komunikasi dan kurang harmonis,orang tua berselisih paham dengan anak dan suami yang begitu lembek dengan istri yang pada akhirnya berontak juga.
            Dan di akhir cerita cerpen ini, Taksu menjadi orang yang sukses menjadi pengusaha importir barang-barang mewah dan eksportir kerajinan tangan dan ikan ke berbagai Negara, dan menjadi guru bagi sekitar 10000 orang pegawainya dan gelar doktor honoris causa menjadi pelengkapnya, saat 10 tahun kemudian, ia menggantikan peran ayahnya memikul beban keluarga. Sungguh akhir yang mungkin tak kan dikira oleh orang tua Taksu sendiri dalam cerpen tersebut.
            Secara keseluruhan, cerpen ini mendidik dan banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil dari sebuah cerpen Guru ini. Para pembaca pun seakan ikut terbawa dalam konflik-konflik yang ada dalam cerpen ini, dan mungkin beberapa akan terharu karena cerpen ini sungguh dramatical penuh perjuangan unutuk menggapai cita-cita, dan penuh dengan godaan dalam mempejuangkan sesuatu. Akan tetapi, tentu ada kekurangan, yaitu pembaca terlalu banyak disuguhi konflik  di hampir sebagian cerita pendek ini dan baru mereda ketika di akhir-akhir cerita pendek ini.
            Seharusnya, penulis mensisipkan lebih banyak jeda konflik dengan suatu hal yang menyegarkan seperi humor, tidak melulu menyajikan pebedaan pendapat  yang menegangkan di sepanjang cerpen ini dan terus mengangkat cerpen-cerpen bertema yang mendidik seperti ini penuh arti di setiap paragraph cerpen, dan tentu dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh berbagai kalangan sehingga pembaca seakan terbawa oleh alur cerita dari cerpen itu sendiri.

6 komentar:

  1. http://nalurerenewws.blogspot.com/2018/08/taipanqq-waspada-ini-yang-akan-terjadi.html
    http://asiataipanbiru.blogspot.com/2018/08/taipanqq-wajib-tahu-efek-sering.html


    Taipanbiru
    TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : E314EED5

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    BalasHapus
  2. Ijin sedot gan

    BalasHapus
  3. Taksu anak mana si?

    BalasHapus
  4. Taksu ribut aja sini ama gua

    BalasHapus
  5. Bacot! Ngentot dulu sini sama gua, Su! Belom pernah ngentotkan la u!??!

    BalasHapus

Terima Kasih..